Kiat Mudah Tidur Nyenyak Tanpa Ngorok

Tidur Mendengkur

Hampir semua orang pernah mendengkur, alias ngorok, saat tidur setidaknya sekali dalam seumur hidup. Tetapi, jika sudah terlalu sering, mengorok tidak hanya dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas tidur Anda, namun juga akan mempengaruhi pasangan tidur dan keluarga Anda.

Mendengkur atau biasa disebut “mengorok” dalam dunia kedokteran disebut sleep apnea terjadi karena adanya penyempitan saluran nafas. Saluran nafas yang menyempit akan merespon otak agar secara aktif menggerakkan otot mulut terbuka dan tertutup. Tujuannya adalah untuk memenuhi supply oksigen ke otak. Apabila penyempitan ini dilalui udara maka akan menimbulkan suara. Sehingga, terciptalah dengkuran saat kita sedang tidur..

Tips Mudah Mengatasi Tidur Ngorok

Tidur di kamar terpisah bukan satu-satunya solusi untuk menghentikan keluhan mendengkur. Ada banyak solusi lain yang efektif tersedia untuk membantu Anda dan pasangan Anda tidur lebih baik di malam hari dan meluruskan masalah hubungan yang mungkin disebabkan ketika salah satu orang mengorok.

Coba solusi alami dan trik perubahan gaya hidup sederhana di bawah ini, yang dapat membantu Anda berhenti mendengkur.

1. Ubah posisi tidur

Tidur telentang atau tengkurap menyebabkan lidah dan daging di sekitar tenggorok untuk melonggar “masuk ke dalam” dan menyumbat jalur udara, hingga menyebabkan suara bergetar saat Anda tidur. Tidur menyamping bisa membantu Anda mengatasi dengkuran mengganggu setiap malam.

2. Ganti bantal Anda

Alergen dalam kamar tidur dan di bantal Anda dapat memainkan peran terhadap “hobi” ngorok Anda. Tungau debu bisa menumpuk di bantal dan menyebabkan reaksi alergi yang berkaitan dengan mendengkur.

3. Atur suhu kamar dalam keadaan lembap

Jika Anda tidur di kamar dengan suhu sangat dingin atau sangat kering, hal ini bisa menjelaskan alasan mengapa Anda mendengkur. Udara kering akan mengeringkan kondisi tenggorokan dan dinding dalam hidung, menyebabkan hidung mampet. Hidung mampet menyebabkan proses keluar-masuknya udara terbatas dan membuat jaringan di sekitarnya bergetar.

Triknya, naikkan suhu kamar satu-dua derajat atau gunakan humidifier untuk menghangatkan udara kamar.

4. Sangga kepala

Anda dapat menyokong posisi kepala sekitar 10 centimeter lebih tinggi saat Anda tidur untuk menjaga lidah Anda tidak terdorong ke belakang dan menghalangi jalur udara, juga dapat membantu membuka saluran pernapasan sedikit lebih lebar.

Yang perlu diingat, jangan membuat sanggahan kepala terlalu tinggi, karena hal ini juga bisa membuat jalur udara Anda terblokir — membuat Anda tetap mengorok.

5. Cukupi asupan cairan tubuh

Minum banyak cairan sebelum tidur. Sekresi di dalam hidung dan dinding tenggorokan akan menjadi lengket ketika Anda tidur dalam keadaan kehausan, dan bisa menyebabkan Anda mendengkur.

5. Gunakan Alat Anti Dengkur SD-MAGNETICS

Apa itu SD-MAGNETICS?

Adalah alat efektif yang diperuntukkan buat anda yang ingin berhenti mendengkur, atau sebagai hadiah untuk pasangan anda yang suka mendengkur, sehingga anda akan terbebas dari suara dengkur setiap malam. Juga untuk mencegah RASA MALU jika sedang tidur bersama sekamar dalam perjalanan dinas, di kereta,

Bagaimana Cara Kerja SD-MAGNETICS & Testimonienya?

*) Disclaimer: Tips diatas disadur dari hellosehat.com keberhasilan tiap individu dalam menghilangkan ngorok bisa berbeda-beda, tergantung faktor lain yang bisa memperngaruhi.